7 Perbedaan realme Pad, realme Pad X, dan realme Pad Mini


Untuk Anda yang ingin tahu perbedaan antara tablet realme Pad, realme Pad X, dan realme Pad Mini, Anda berada di tempat yang tepat.

realme merupakan perusahaan sub-brand dari OPPO yang telah meluncurkan banyak gadget, seperti smartphone, earphone, smartwatch, bahkan hingga laptop. Selain itu, tentu saja realme tidak ketinggalan menghadirkan jenis tablet yang beragam.

Meski produksi tabletnya tidak segencar smartphone, tapi realme berhasil menawarkan produk tablet dengan harga terjangkau dan teknologi mutakhir.

realme Pad mini hadir untuk Anda yang lebih menyukai kepraktisan ketimbang imersi layar besar. realme Pad akan cocok untuk Anda yang ingin berproduktivitas menggunakan tablet dengan budget minim. Lalu, ada realme Pad X yang suguhkan spesifikasi tinggi dan dukungan aksesoris tambahan.

Jika Anda bertanya-tanya mengenai perbedaan ketiga tablet tersebut, jangan khawatir. Tim Carisinyal telah menyajikan poin-poin perbedaan yang relevan untuk diketahui, sehingga Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Yuk, disimak!

Spesifikasi realme Pad

Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 7100 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi realme Pad X

Layar IPS LCD 10.95 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 8340 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi realme Pad Mini

Layar IPS LCD 8.7 inci
Chipset UNISOC Tiger T616
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 6400 mAh
Kelebihan Baca di sini

Perbedaan realme Pad, realme Pad X, dan realme Pad Mini

Mulai dari penggunaan chipset, kamera, ukuran layar, hingga konektivitasnya, ketiga tablet ini menghadirkan perbedaan cukup banyak. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Penggunaan Cip dari Produsen Berbeda

realme Pad hadir dengan chipset Helio G80 yang memiliki performa cukup memadai di kelasnya. Chipset ini dibangun atas fabrikasi 12 nm, membawakan dua unit berkinerja tinggi Cortex A75 dengan clock speed hingga 2 GHz. Ditemani dengan empat inti hemat daya Cortex A55 berkekuatan 1.8 GHz.

Sementara, GPU yang digunakan adalah Mali G52 MC2. Helio G80 juga telah disisipi teknologi yang cukup unggul seperti dukungan kamera beresolusi hingga 48 MP, Bluetooth 5.0, WiFi ac dual band, hingga mendukung resolusi perekaman video hingga 2K di 30 FPS.

Helio G80 cukup andal untuk perangkat pintar di kelas harga Rp2 jutaan, membawakan teknologi HyperEngine untuk meningkatkan performa saat bermain gim.

Berdasarkan pengujian AnTuTu v9 yang dilansir dari NanoReview, Helio G80 meraih skor sebesar 222.313 poin. Ini sudah lebih dari cukup untuk sekadar memainkan gim ringan seperti Mobile Legends, namun mungkin kurang terasa mantap saat bermain PUBG Mobile lantaran frame rate-nya yang kurang memadai.

Pada realme Pad X, chipset yang digunakan adalah Snapdragon 695, berada di tingkatan lebih tinggi dari Helio G80 pada realme Pad. Pasalnya, Snapdragon 695 adalah chipset kelas modern yang sudah mendukung jaringan seluler 5G.

Snapdragon 695 juga mengusung ukuran litografi yang lebih kecil yaitu 6 nm. Hal ini membuatnya lebih baik dari sisi efisiensi daya. Adapun untuk spesifikasi CPU-nya, Snapdragon 695 bawakan set instruksi ARM v8.2-A dengan kehadiran Cortex A78 (2.2 GHz) dan Cortex A55 (1.7 GHz) pada formasi 2+6.

Agar lebih sanggup melakukan rendering grafis dengan lancar, chipset disokong oleh GPU Adreno 619 berkekuatan 840 MHz. Snapdragon 695 sendiri sudah mendukung hingga resolusi kamera 108 MP, recording 1080p, serta modem Snapdragon X51.

Snapdragon 695 terbukti merupakan chipset yang andal dalam memainkan gim berat, meraih skor AnTuTu v9 di kisaran angka 400 ribuan. Hal ini membuatnya cocok untuk memainkan gim sekelas PUGB Mobile dengan frame rate yang lancar jaya.

Selanjutnya adalah realme Pad mini yang membawakan chipset Unisoc Tiger T616. Meski nama Unisoc tidak seterkenal MediaTek dan Qualcomm, tapi chipset yang satu ini punya performa yang tidak bisa diremehkan.

Pasalnya, meski dikhususkan untuk pasar entry-level, Unisoc T616 sudah mengantongi klaster high performance ARM Cortex A75, sehingga sudah cocok menjalankan tugas dengan grafis berat.

Cortex A75 yang dibawakannya tersedia sebanyak dua buah dengan clock speed 2 GHz. Sedangkan untuk klaster hemat dayanya, mencakup enam inti Cortex A55 dengan frekuensi 1.8 GHz. Kalau dilihat-lihat, spesifikasi prosesor tersebut sama persis dengan yang dibawakan Helio G80 pada realme Pad.

Bedanya, Unisoc Tiger T616 menghadirkan kartu pengolah grafis (GPU) berupa Mali G57 MP1 alih-alih Mali G52 MC2. Skor AnTuTu v9 untuk chipset ini pun tidak berbeda jauh dengan Helio G80, yakni sama-sama berada di kisaran 220 ribuan.

Jika di-recap, opsi tablet dengan performa tertinggi jatuh kepada realme Pad X dengan Snapdragon 695 5G. Sedangkan, realme Pad dan realme Pad mini memiliki performa yang mirip-mirip lantaran Helio G80 dan Unisoc T616 merupakan dua chipset yang setara.

2. Layar 8 inci dan 10 inci

Tidak semua tablet memiliki ukuran layar yang Anda inginkan. Untuk yang menyukai layar lebar demi kenyamanan produktivitas dan hiburan, Anda bisa memilih realme Pad dan realme Pad X.

Kedua tablet tersebut memiliki ukuran layar hampir sama, di kisaran 10 inci. Bedanya, ukuran layar realme Pad sedikit lebih kecil yaitu 10.4 inci. Sedangkan, realme Pad X berada di ukuran layar 10.95 inci.

Menurut spesifikasinya, realme Pad mendukung tingkat kecerahan tipikal 360 nit sedangkan realme Pad X hadir dengan kecerahan puncak hingga 450 nit. Kedua tablet ini sama-sama gunakan panel IPS LCD dengan resolusi 1200 x 2000 piksel.

Baik realme Pad maupun realme Pad X juga memiliki tingkatan kerapatan piksel yang serupa, yakni 224 ppi untuk realme Pad dan 213 ppi untuk realme Pad X.

https://ctdip-uat.who.int/ Kunjungi Link Nonton Film gartis INDOXXI, tersedia movie terbaru dunia21 lk21, ganool yang bisa anda totonton secara gratis.