Mengenal 6 Perbedaan vivo X90, X90 Pro, dan X90 Pro+


Pada November 2022, vivo resmi meluncurkan HP terbarunya yaitu vivo X90 Series di Cina. Sebagai penerus dari vivo X80 Series, vivo X90 Series ini hadir dengan membawakan spesifikasi yang gahar. Lini vivo X90 Series ini diisi oleh HP flagship terbaru yaitu vivo X90 (reguler), vivo X90Pro, dan vivo X90 Pro+.

Ketiga HP flagship ini dibekali chipset kelas atas dari MediaTek dan Qualcomm. vivo X90 dan vivo X90 dibekali chipset terbaru dari MediaTek yaitu Dimensity 9200. MediaTek Dimensity 9200 ini baru diperkenalkan pada awal November 2022.

Sementara itu, vivo X90 Pro+ memiliki posisi sebagai model tertinggi dari lini vivo X90 Series. Ia hadir membawa chipset terbaru dan terbaik milik Qualcomm saat ini yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Chipset ini baru saja dirilis pada pertengahan November 2022. Dengan begitu, vivo X90 Pro+ ini menjadi HP pertama yang menggunakan chipset tersebut.

Keunggulan dari vivo X90 Series ini tidak hanya berasal dari sektor dapur pacunya saja. Beberapa sektor lainnya juga memiliki spesifikasi yang cukup tinggi sebagai HP flagship. Salah satunya adalah sektor kameranya yang didukung oleh kamera Zeiss dan chip vivo V2 untuk menghasilkan hasil gambar terbaik.

Selain dua sektor yang telah disebutkan, kira-kira apa lagi keunggulan dari vivo X90 Series ini? Lalu, apa saja perbedaan dari ketiganya? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, Carisinyal telah merangkum beberapa perbedaan yang dimiliki oleh vivo X90, X90 Pro, dan X90 Pro+. Silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

Spesifikasi vivo X90

Layar – – inci
Chipset
RAM
Memori Internal
Kamera
Baterai – – mAh

Spesifikasi vivo X90 Pro

Layar – – inci
Chipset
RAM
Memori Internal
Kamera
Baterai – – mAh

Spesifikasi vivo X90 Pro+

Layar – – inci
Chipset
RAM
Memori Internal
Kamera
Baterai – – mAh

Perbedaan vivo X90, X90 Pro, dan X90 Pro+

Setelah puas melihat sekilas mengenai spesifikasi dari masing-masing HP flagship terbaru dari vivo tersebut. Terdapat perbedaan yang terlihat di antara ketiganya. Namun, jika masih ingin mengetahui lebih, silakan simak beberapa perbedaan dari vivo X90, X90 Pro, dan X90 Pro+ berikut ini.

1. Snapdragon 8 Gen 2 vs Dimensity 9200

Salah satu sektor yang menjadi unggulan dan paling menarik dari ketiga HP ini adalah chipset yang digunakannya. Bagaimana tidak, baik vivo X90, X90 Pro, atau X90 Pro+, ketiganya dibekali chipset terbaru dari kedua penghasil chipset ternama di dunia yaitu MediaTek dan Qualcomm.

Sebagai model tertinggi dari lini vivo X90 Series, vivo X90 Pro+ ini telah dibekali chipset terbaik dan teranyar milik Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Chipset ini dirilis pada pertengahan November 2022 dan menjadi chipset paling mumpuni milik Qualcomm sampai saat ini, menggantikan posisi Snapdragon 8 Gen 1.

Chipset ini ditenagai langsung oleh prosesor octa core yang terdiri dari satu core Cortex X3 dengan frekuensi 3,2 GHz, dua core Cortex A715 dengan frekuensi 2,8 GHz, dua core Cortex A710 dengan frekuensi 2,8 GHz, dan tiga core Cortex A510 dengan frekuensi 2,0 GHz.

Chipset yang dibangun dengan fabrikasi 4 nm ini diklaim memiliki peningkatan cukup tinggi dalam hal tenaga dan efisiensi daya. GPU Adreno 740 di Snapdragon 8 Gen 2 ini membuatnya memiliki tenaga lebih tinggi hingga 25 persen dan CPU Kryo yang memiliki efisiensi daya lebih efisien hingga 40 persen jika dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1.

Sementara itu, vivo X90 dan X90 Pro ini dibekali chipset terbaik dan terbaru milik MediaTek yaitu Dimensity 9200. Chipset ini dibangun oleh teknologi dengan fabrikasi 4 nm generasi kedua dari TSMC. Menariknya, chipset ini menjadi chipset pertama yang mendukung WiFi 7 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 6,5 Gbps.

Chipset ini memiliki dua tipe core sebagai sumber tenaga dari performa yang dihasilkannya. Dimensity 9200 ini ditenagai oleh prosesor octa core yang terdiri dari satu core Cortex X2 dengan frekuensi 3,05 GHz, tiga core Cortex A710 dengan frekuensi 2,50 GHz, dan empat core Cortex A510 dengan frekuensi 1,80 GHz.

Perbedaan dari tipe core lainnya terletak pada satu core yang dimilikinya yaitu Cortex X3 dengan frekuensi 3,05 GHz dan tiga core Cortex A715 dengan frekuensi yang sedikit lebih tinggi yaitu 2,85 GHz. Kedua tipe prosesor dari Dimensity 9200 ini didukung oleh kartu pengolah grafis atau GPU Arm Immortalis G715.

Ketiga HP di lini vivo X90 Series ini sama-sama telah menggunakan sistem operasi Android 13. Untuk antarmukanya telah menggunakan Origin OS 3 untuk pasar Cina dan Funtouch untuk versi Global.

2. Konfigurasi Penyimpanan Memori

Ketiga HP ini sudah cukup menarik karena ditenagai chipset unggulan atau chipset terbaik dan terbaru dari MediaTek dan Qualcomm. Untuk meningkatkan dan mengoptimalkan performa yang dihasilkan oleh chipsetnya, ketiga HP ini juga dibekali konfiguras penyimpanan memori dengan kapasitas yang cukup luas.

vivo X90 Pro+ dibekali kapasitas penyimpanan RAM yang cukup besar yaitu mencapai 12 GB. Kemudian penyimpanan internal berjenis UFS 4.0 miliknya memiliki kapasitas 256 GB dan 512 GB. Sesama menyandang nama “Pro”, vivo X90 Pro memiliki konfigurasi yang sama, tetapi hadir dengan versi lebih kecil yaitu RAM 8 GB dengan internal 256 GB.

Sedangkan vivo X90 (reguler) sebagai model paling terjangkau. Ia dibekali konfigurasi penyimpanan memori yang lebih kecil untuk menyesuaikan dengan harganya. Konfigurasi terkecilnya adalah RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB berjenis UFS 3.1.

Meskipun sama-sama memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup luas, layaknya HP flagship lain, ketiga HP ini tidak dibekali slot khusus untuk microSD. Sehingga, Anda hanya bisa mengandalkan kapasitas yang ditawarkan oleh masing-masing HP saja.

https://ctdip-uat.who.int/ Kunjungi Link Nonton Film gartis INDOXXI, tersedia movie terbaru dunia21 lk21, ganool yang bisa anda totonton secara gratis.