Juaranya HP Murah, Inilah Perbedaan Samsung Galaxy A04 dan Galaxy M04


Pada Desember 2022, Samsung kembali meluncurkan HP terbarunya untuk kelas entry-level. Bahkan, HP yang masuk ke dalam M-Series ini memiliki harga sejutaan saja. HP tersebut adalah Samsung Galaxy M04 yang baru dirilis untuk pasar India.

Meskipun dibanderol dengan harga yang murah, kemampuan dan spesifikasi HP ini tidak bisa diremehkan. Lihat saja kapasitas baterai yang dibawanya, serta kapasitas RAM yang keduanya sama-sama besar untuk kelas harga tersebut.

Samsung Galaxy M04 ini memiliki kapasitas baterai 5000 mAh, serta RAM 4 GB yang bisa diekspansi hingga 4 GB. Kapasitas tersebut mengingatkan kita dengan HP Samsung entry-level sebelumnya yaitu Samsung Galaxy A04. Tidak hanya itu, penamaan serta tampilan desain kedua HP tersebut juga sangat mirip.

Lantas, dengan harga yang tidak jauh berbeda, apakah Samsung Galaxy M04 memiliki spesifikasi lebih unggul, atau sebaliknya? Apa saja perbedaan yang dimiliki oleh kedua HP tersebut? Untuk menjawab pertanyaan semacam itu, Carisinyal telah membuat beberapa perbedaan dari Samsung Galaxy A04 dan Samsung Galaxy M04.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, silakan simak spesifikasi Samsung Galaxy A04 dan Samsung Galaxy M04 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A04

Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi Samsung Galaxy M04

Layar PLS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh

Perbedaan Samsung Galaxy A04 dan Samsung Galaxy M04

Setelah melihat spesifikasi kedua HP tersebut, terdapat beberapa perbedaan yang terlihat di beberapa sektor. Nah, agar lebih jelas, silakan simak perbedaan Samsung Galaxy A04 dan Samsung Galaxy M04 berikut ini.

1. Desain Bodi

Secara kasat mata, kedua HP ini memiliki tampilan desain yang cukup identik. Baik Samsung Galaxy A04 atau Samsung Galaxy M04, keduanya mengusung tampilan yang sederhana dengan desain luar biasa.

Pada bodi bagian belakangnya, kedua HP ini memiliki desain Ambient Edge yang terlihat cocok ketika dipadukan dengan tepian yang lengkung. Selain itu, bodinya memiliki tekstur yang khas dengan akhiran glossy. Dengan begitu, HP ini akan cocok dan nyaman ketika digenggam lama tanpa harus khawatir ada noda yang tertinggal.

Kesederhanaan tampilannya terlihat pada penempatan kameranya. Keduanya tidak menempatkan kamera ke dalam sebuah modul, tetapi langsung menyimpan di bodinya. Hal tersebut membuat kedua HP ini terlihat lebih bersih dan sederhana, tetapi tetap menarik.

Tampilan keduanya memang terlihat sama, tetapi Anda baru akan merasakan perbedaannya ketika sudah menggunakannya dalam waktu lama. Pasalnya, kedua HP ini memiliki bobot dan dimensi yang sedikit berbeda.

Samsung Galaxy M04 ini hadir dengan bobot yang sedikit lebih ringan yaitu hanya 188 g saja. Dimensinya yang dimilikinya tidak jauh berbeda yaitu 164,2 x 75,9 x 9,1 mm. Sedangkan Samsung Galaxy A04 memiliki bobot sedikit lebih berat yaitu 192 g. HP ini memiliki dimensi 164,4 x 76,3 x 9,1 mm.

Perbedaan tersebut sebenarnya hanya sedikit, Anda akan tetap merasakan nyaman ketika menggenggamnya dalam waktu lama.

2. Kemampuan Layar

Beralih ke bagian layar, kedua HP ini memiliki kemampuan layar yang setara. Baik Samsung Galaxy A04 atau Samsung Galaxy M04, keduanya memiliki layar berukuran 6,5 inci. Selain itu, layar yang digunakan masing-masing adalah panel PLS LCD. Hal ini wajar jika melihat ke harga yang ditawarkan.

Resolusi yang dicapainya juga tidak terlalu tinggi yaitu hanya HD Plus atau 720 x 1600 piksel dengan kerapatan mencapai 270 ppi. Bahkan, refresh rate yang dimiliki keduanya juga hanya sampai pada tingkat 60 Hz saja.

Perbedaan yang dimiliki keduanya pada bagian layar terletak pada tampilannya. Meskipun begitu, perbedaan ini tidak menjadi masalah yang besar. Samsung Galaxy M04 hanya memiliki rasio bodi ke layar sedikit lebih besar yaitu 81,8 persen. Sedangkan Samsung Galaxy A04 hanya 81,3 persen saja.

Hal tersebut terlihat dari desain bezel atau bodi yang mengelilingi layarnya. Bisa dibilang, Samsung Galaxy M04 ini memiliki bezel sedikit lebih tipis. Namun, keduanya memiliki layar yang sama-sama luas.

3. Konfigurasi Penyimpanan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kedua HP ini menggunakan chipset yang sama yaitu MediaTek Helio P35. Chipset ini memang cukup populer di kelasnya dan terkenal karena tingkat efisiensinya dalam menggunakan baterai. Chipset ini dibangun oleh fabrikasi 12 nm dan ditenagai oleh prosesor octa-core.

Prosesor tersebut terdiri dari empat Cortex A53 dengan frekuensi 2,35 GHz dan empat Cortex A53 dengan frekuensi 1,8 GHz. Agar performa yang dihasilkan lebih optimal, chipset ini didukung oleh kartu pengolah grafis PowerVR GE8320.

Chipset yang digunakannya tersebut diklaim memiliki kinerja yang cepat dan efisien untuk segala aktivitas. Hal tersebut didukung oleh kapasitas penyimpanan RAM dan internal yang cukup luas di kelasnya.

Samsung Galaxy A04 menawarkan perpaduan antara chipset dengan kapasitas RAM mulai dari 3 GB dan 4 GB. Sedangkan Samsung Galaxy M04 hanya menawarkan kapasitas RAM 4 GB saja. Hal menariknya adalah adanya fitur RAM Plus yang mampu memperluasnya hingga 4 GB. Dengan begitu, RAM yang dimiliki keduanya bisa mencapai 8 GB.

Tidak hanya itu, penyimpanan internal keduanya juga cukup luas, loh. Samsung Galaxy A04 menawarkan kapasitas internal 64 GB, sedangkan Samsung Galaxy menawarkan kapasitas 64 GB dan 128 GB. Meski begitu, keduanya masih bisa diperluas menggunakan microSD hingga 1 TB.

https://ctdip-uat.who.int/ Kunjungi Link Nonton Film gartis INDOXXI, tersedia movie terbaru dunia21 lk21, ganool yang bisa anda totonton secara gratis.