Bongkar 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 12 Pro Plus


Redmi Note Series merupakan salah satu seri andalan yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh konsumen. Pasalnya, HP seri ini menawarkan spesifikasi yang mantap dengan harga wajar. Pada November 2022, generasi ke-12 seri ini hadir ke hadapan publik. Adalah deretan HP Redmi Note 12 Series.

Disebut deretan karena ada lebih dari satu ponsel dalam seri tersebut. Namun, yang akan dibahas dalam artikel ini khusus Redmi Note 12 Pro+ (bisa ditulis juga Redmi Note 12 Pro Plus). Satu hal yang menjadi sorotan dari HP ini adalah adanya OIS alias penstabil gambar berbasis optik.

Inilah kali pertama dalam sejarah sebuah ponsel Redmi Note Series mempunyai OIS. Fitur ini disematkan pada kamera utama sang ponsel yang beresolusi 200 MP. Resolusi sebesar itu juga baru kali pertama hadir buat Redmi Note Series.

Kamera hanyalah satu di antara banyak kelebihan yang ada pada Redmi Note 12 Pro Plus. Seluruh kelebihan si ponsel dapat Anda simak pada tabel di bawah ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping

Desain elegan dan enak digenggam

Bodi yang berat, kaca proteksi tidak diketahui

Gimmick 200 MP dan guncangan pada perekaman video

Layar dengan warna yang lebih alami

Speaker stereo yang bagus

Performa kencang, bodi tetap adem

Kamera utama 200 MP dengan OIS

Baterai besar yang diperkuat pengisian cepat 120W

Paket penjualan masih lengkap

Dalam tabel tersebut, tercantum pula hal-hal yang menjadi kekurangan si ponsel. Nah, jika Anda belum puas dengan keterangan singkat dalam tabel, silakan baca artikel ini sampai habis.

Spesifikasi Redmi Note 12 Pro Plus

Layar OLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1080
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 200 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh

Kelebihan Redmi Note 12 Pro Plus

Tingkatan Redmi Note 12 Pro Plus sudah naik dibanding para pendahulunya. Statusnya kini menjadi ponsel kelas menengah premium yang menghadirkan beberapa fitur kelas atas. Apakah fitur tersebut masuk dalam kelebihan si ponsel? Temukan jawabannya di bawah ini.

1. Desain Elegan dan Enak Digenggam

Redmi mengubah bahasa desain Redmi Note 12 Plus menjadi lebih rapi dan simpel. Hal itu bisa dilihat dari modul kamera si ponsel. Jika dibandingkan dengan Redmi Note 11 Pro+, modul kamera Redmi Note 12 Pro+ lebih sederhana. Lensa kameranya dipasang secara simetris, sedangkan modul kamera dipoles dengan satu warna.

Bagi sebagian orang, kesederhanaan desain justru menjadi daya tarik. Sebab hal tersebut dapat menimbulkan kesan yang elegan. Selanjutnya, Redmi melakukan perubahan di sektor ergonomika si ponsel. Frame alias rangka Redmi Note 12 Pro Plus masih menggunakan bentuk flat (datar). Frame ini terbuat dari bahan aluminium.

Namun, bagian penutup belakangnya dibuat melengkung ke dalam. Bentuk tersebut tidak sama seperti Redmi Note 11 Pro+ yang mengadopsi bentuk flat pada frame maupun penutup belakangnya.

Adanya sisi lengkung pada penutup belakang berbahan kaca tersebut tentu akan memberi kenyamanan ketika ponsel digenggam. Anggapan ini dibenarkan oleh Pratima Adhikari dari Gadget Byte serta YouTuber Sami Luo Tech yang menguji Redmi Note 12 Pro Plus.

Adapun Redmi Note 12 Pro Plus memiliki dimensi 162,9 x 76 x 8,98 mm dengan bobot 208,4 gram. Tersedia pilihan warna hitam, putih, biru, dan hijau edisi Yibo. Seluruhnya menggunakan polesan matte sehingga tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

2. Ada IP Rating

Redmi Note 12 Pro+ mengantongi sertifikasi IP53. Sertifikasi yang sama juga dimiliki HP Redmi Note 11 Series. Dengan demikian, HP ini mempertahankan apa yang sudah bagus di generasi terdahulu. Adanya IP53 menjadi jaminan bahwa Redmi Note 12 Pro+ akan baik-baik saja saat terkena percikan air, dan kemasukan sedikit debu.

Percikan air itu seperti rintik-rintik hujan, semburan dari sprayer, dan tetesan air dari sprinkle yang biasanya ada di taman.

3. Layar dengan Warna yang Lebih Alami

Redmi Note 12 Pro+ memakai layar dengan diagonal 6,67 inci. Panelnya adalah OLED dan resolusinya Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Layar ini lebih keren daripada layar Redmi Note 11 Pro+.Alasannya, tingkat kecerahan di lingkungan outdoor lebih tinggi yakni 900 nit.

Tingkat kecerahannya 200 nit lebih tinggi daripada layar Redmi Note 11 Pro+. Lalu layar Redmi Note 12 Pro+ mampu menampilkan 1 miliar warna. Ia pun sudah mendukung pemutaran konten HDR10+ dan konten dengan format Dolby Vision.

Saat diuji Pratima Adhikari dan tim Gadget Byte, tampilan layar Redmi Note 12 Pro+ terasa lebih alamiah warnanya. Warnanya tidak secetar sang pendahulu, tetapi kontrasnya pas dan lebih enak dilihat.

Kemudian, layar Redmi Note 12 Pro+ sudah mendukung refresh rate hingga 120 Hz. Pengalaman bernavigasi terasa smooth berkat refresh rate tinggi. Adhikari pun mengaku tidak menjumpai adanya kegagapan saat melakukan usapan secara cepat di layar si ponsel.

Satu hal positif lagi dari layar HP ini adalah sudah memiliki sertifikasi Widevine L1. Artinya ia bisa memutar film di platform seperti Netflix dalam resolusi tertinggi. Konten HDR di platform tersebut juga bisa diputar dengan baik.

4. Speaker Stereo yang Bagus

Suara keluaran speaker Redmi Note 12 Pro+ dipuji oleh beberapa penguji. Di antaranya adalah Pratima Adhikari dan Dhiar Lukito Adhi, pemilik kanal YouTube Dhiarcom. Menurut Dhiar, suara speaker Redmi Note 12 Pro+ nyaring. Pengalaman itu ia dapat saat melakukan tembakan di gim PUBG Mobile.

Sementara itu, bagi Adhikari, suara yang dikeluarkan speaker Redmi Note 12 Pro+ mantap dan detail. Secara khusus, ia memuji suara pada frekuensi menengah yang familier disebut suara vokal. Keluaran suara yang bagus dari si ponsel hadir berkat konfigurasinya yang sudah stereo alias ganda.

Benar, ada dua speaker yang dipasang di HP ini. Speaker utamanya ada di sisi bawah, sedangkan speaker keduanya menyatu dengan earpiece.

https://ctdip-uat.who.int/ Kunjungi Link Nonton Film gartis INDOXXI, tersedia movie terbaru dunia21 lk21, ganool yang bisa anda totonton secara gratis.