Inilah 6 Cara Mudah Screenshot di Samsung Galaxy A23 5G


Samsung Galaxy A23 5G hadir bagi Anda yang butuh perangkat multitasking untuk berbagai aktivitas. Mengunggulkan desain yang modis, ponsel ini juga memiliki layar yang lebar dan baterai yang awet sehingga nyaman digunakan. 

Anda pun bisa mengambil screenshot dan merekam tampilan layar di HP Samsung ini dengan mudah bila menemukan hal penting di layar. Tentu dengan mengambil screenshot, Anda bisa membaca kembali info penting yang ditemukan di kemudian hari tanpa harus repot mencari lagi.

Nah, kali ini tim Carisinyal akan menjelaskan sejumlah cara melakukan screenshot pada ponsel dengan sistem Android 12 ini. Berikut ini cara screenshot di Samsung Galaxy A23 5G yang bisa Anda coba. 

Cara ini juga bisa digunakan Samsung Galaxy A seri lain. Contohnya Samsung Galaxy A23 4G, Samsung Galaxy A13 5G, Samsung Galaxy A33, dan lainnya.

1. Cara Screenshot di Samsung Galaxy A23 5G Memakai Tombol Fisik

Sumber: Tech2rise

Samsung memang identik dengan Android. Maka dari itu, setiap produk HP Samsung selalu menghadirkan fitur-fitur terbaik Android. Dalam hal cara screenshot pun, HP Samsung Galaxy A23 5G ini juga memiliki cara yang umum digunakan di hampir semua HP Android.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot yang umum digunakan di setiap ponsel Samsung..

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menentukan tampilan layar yang hendak diambil screenshot. Sekadar informasi, Anda bisa mengambil screenshot pada tampilan layar yang berisi peta navigasi, artikel di web, isi chat, video dan masih banyak lagi yang tampil di layar HP.

Setelah menemukan tampilan yang ingin diambil, Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Jika sudah menemukan bagian yang ingin diambil screenshot, langkah selanjutnya ialah Anda hanya perlu menekan tombol power dan volume bawah di sebelah kanan bodi secara bersamaan.

Tekan dan tahan kedua tombol hingga ada semacam tanda di layar bahwa screenshot sudah dilakukan. Beberapa HP biasanya akan menampilkan layar yang sekilas menjadi putih.

Jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, artinya, Anda menekan HP terlalu lama atau bisa jadi Anda menekan kedua tombol yang kurang pas atau kurang bersamaan. 

2. Screenshot dengan Menggunakan Ikon di Pusat Kontrol

Jika menurut Anda cara menekan tombol secara bersama-sama dirasa rumit dan memakan waktu, Anda bisa mencoba cara umum yang lebih mudah yakni menekan ikon screenshot yang ada di pusat kontrol. Simak caranya berikut ini.

  • Tentukan hal yang ingin Anda screenshot di layar HP.
  • Buka pusat kontrol dengan cara menarik layar dari atas ke bawah. Kemudian cari ikon screenshot yang ada. Beberapa HP Android menampilkan ikon berupa gunting, ada juga yang berupa lembaran kertas.
  • Ketika ikon disentuh, maka otomatis screenshot akan berlangsung. Hasil screenshot pun akan tersimpan ke galeri. 

3. Cara Screenshot Panjang di Samsung Galaxy A23 5G

Terkadang Anda menemukan informasi penting yang cukup banyak dan tidak bisa disimpan dalam satu layar penuh smartphone. Nah ada solusi untuk bisa menyimpan informasi penting tersebut dengan lebih lengkap melalui cara screenshot panjang.

Terkadang Anda membutuhkan informasi yang lebih banyak dalam sebuah tampilan layar HP. 

Untungnya, Samsung Galaxy A23 5G memiliki fitur long screenshot. Untuk bisa melakukan long screenshot, Anda hanya perlu mengaktifkan bilah alat gambar layar. Anda bisa masuk ke pengaturan > tampilan > Gambar layar dan perekam layar

Bila bilah alat gambar layar sudah aktif, Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk melakukan long screenshot.

1. Anda bisa melakukan screenshot layar dalam berbagai cara.

2. Bila screenshot berhasil, akan muncul bilah alat gambar layar di bagian bawah layar hasil screenshot. Anda bisa memilih bagian screenshot panjang yang biasanya ditandai dengan kotak berisi anak panah ke arah bawah. 

3. Klik kotak screenshot panjang tersebut, kemudian Anda tinggal gulir ke bawah tampilan layar yang hendak diambil screenshot. 

4. Ingat pastikan tampilan layar memang panjang. Kalau tampilan layar tidak panjang maka bilah alat gambar layar tidak akan muncul.

5. Sama seperti screenshot biasa, hasil long screenshot akan tersimpan di Galeri.

Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan di bilah alat gambar. Untuk melakukan screenshot panjang pastikan tampilan yang hendak Anda simpan memang bisa di gulir ke bawah. 

4. Cek Hasil Screenshot

Jika beberapa langkah di atas sudah Anda coba, Anda dapat mengecek hasil screenshot dengan masuk ke Galeri dan cari album screenshot. Di album ini semua hasil screenshot biasanya disimpan.

4. Cara Screenshot dengan Gesture

Sumber: Tech2rise

Anda juga bisa melakukan screenshot tanpa harus menekan tombol. Namun, untuk bisa melakukan cara ini, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur Gesture ini di menu pengaturan.

1. Aktifkan fitur gesture

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, Anda bisa masuk ke pengaturan > Pengaturan lanjutan > gerakan dan gesture atau dalam bahasa inggris motion and gesture. Dalam tampilan ini, Anda cukup mengaktifkan pilihan usapkan telapak tangan untuk mengambil. 

2. Fitur usapkan telapak tangan untuk mengambil

Untuk memastikan fitur ini sudah menyala, pastikan toggle-nya ada di sisi kanan dengan warna latar biru. 

3. Cara screenshot

Setelah semua langkah diatas sesuai, Anda tinggal mencari hal yang hendak di screenshot. Setelah itu Anda hanya perlu melambaikan tangan di atas layar. Pastikan tangan kanan berada di posisi terbuka seperti hendak bersalaman atau menampar.

Posisikan tangan di ujung kanan ponsel, lalu lambaikan tangan ke arah kiri. Anda juga bisa melakukan cara ini memakai tangan kiri tentu dengan arah yang berlawanan. Jika cara ini berhasil, layar akan menjadi putih dan hasil screenshot akan langsung tersimpan ke galeri. 

https://ctdip-uat.who.int/ Kunjungi Link Nonton Film gartis INDOXXI, tersedia movie terbaru dunia21 lk21, ganool yang bisa anda totonton secara gratis.